PrivacySitemap
© 2019 - 2022 WAWANG.ID

Penyebab dan Cara Memperbaiki Nano Spray MATOT Mati Total

Bagaimana cara mengatasi Nano Spray yang mati total atau matot dan apa penyebabnya? Yuk kita cari tau sama-sama pada artikel kali ini yang akan memberikan solusi kepada kamu yang memiliki alat Nano Spray yang tidak hidup/mati.

Banyak faktor dan penyebab yang membuat alat pembuat kabut asap atau Nano Spray ini matot atau mati total bahkan lampu indikator ketika dinyalakan pun tidak menyala, dan setelah dicas pun alat tetap tidak menyala.

Apakah alat ini benar-benar sudah mati? Eits.. belum tentu, bisa jadi karena faktor-faktor berikut ini yang membuat Nano Spray mu tidak menyala sama sekali, nah apa sajakah faktor/penyebab hal tersebut.

Beberapa Faktor dan Penyebab Nano Spray MATOT Mati Total

Berikut beberapa hal yang kemungkinana menyebabkan alat Nano Spray kamu tidak bisa menyala alias matot atau mati total.

  1. Baterai habis
  2. Baterai kembung
  3. Ada kabel yang putus
  4. Kerusakan pada komponen mesin/pcb

Nah setelah tau beberapa hal yang kemungkinan dapat menyebabkan alat Nano Spray kamu mati total maka, ditulisan selanjutnya kita akan membahas cara untuk memperbaikinya.

1. Kemungkinan Pertama Baterai Habis

Untuk cara memperbaiki alat pada kondisi kemungkinan yang pertama yaitu baterai Nano Spray habis cara termudahnya bisa dengan menggantinya dengan yang baru.

Kamu bisa membelinya di toko online dengan kata kunci baterai polimer bluetooth untuk spray harga kisaran 17-18 ribuan.

Ciri-ciri dari baterai Nano Spray yang habis/kosong adalah saat dicas indikator/lampu menyala tapi setelah beberapa waktu lamannya dicas alat tetap tidak mau hidup dan lampu indikator tidak mau menyala.

Atau, jika tidak ingin membeli baterai baru kamu bisa coba trik dibawah ini yaitu dengan cara menyuntikkan tegangan ke baterai yang kosong yaitu dengan cara menggabungkan 3 buah baterai AA 1.5 volt.

Sambungkan secara seri ketiga baterai AA tersebut sehingga nanti akan didapat tegangan sekitar 4.5 volt lalu sambungkan dengan kabel kemudian dikedua ujungnya sambungkan dengan jarum atau paku untuk mempermudah menempelkannya ke perangkat.

Lalu tempelkan ke baterai Nano Spray yang kosong/habis tadi sesuai tanda + (plus) dan - (min) nya. Tunggu beberapa saat supaya pentransferan energi dari baterai AA ke baterai Nano Spray berjalan kurang lebih sekitar 5 menitan.

Jika sudah, coba sekarang kamu cas ulang Nano Spray milikmu kurang lebih sekitar 5 menitan, dan setelah itu coba cabut casan dari perangkat dan sekarang coba kamu hidupkan perangkat, gimana? Apakah Nano Spray-nya sudah hidup sekarang?

2. Kemungkinan Kedua Baterai Kembung

Nah untuk kasus yang baterainya kembung solusi dan cara satu-satunya yaitu hanya dengan menggantinya dengan baterai yang baru. Kamu bisa membelinya di toko online cari tipe atau merek baterai yang sesui dengan baterai yang kembung tersebut.

Atau kamu bisa search dengan keyword baterai polimer bluetooth untuk nano spray, nah disitu akan keluar semua macam-macam baterainya silakan kamu pilih-pilih baterai yang sesuai dan mirip dengan baterai yang kembung tadi.

Kemungkinan Ketiga Ada Kabel Yang Putus

Untuk kemungkinan kabel yang putus ini tentu sangat mudah, kamu tinggal menyambungkannya dengan bantuan timah dan solder atau jika tidak memiliki solder bisa kamu bawa ke tukang service alat-alat elektronik minta tolong untuk menyolderkan kabel yang putus tersebut.

Kemungkinan Keempat Kerusakan Pada Komponen Mesin/PCB

Nah untuk kasus yang keempat ini yaitu kerusakan pada komponen mesin/pcb sayangkanya untuk sekelas orang-orang amatiran didunia elektronika seperti kita ini akan sangat sulit untuk memperbaikinya.

Karena anda perlu sedikit keahlian dalam hal troubleshooting atau pencarian maslah yang lebih intens lagi ke bagian-bagian kecil perangkat seperti mengecek resistor, kapasitor, dioda dll menggunakan alat multitester.

Nah dengan melakukan troubleshooting menyeluruh biasanya akan mendapatkan hasil berupa kerusakan satu atau beberapa komponen yang mewajibkannya untuk diganti.

Nah jika kamu mendapatkan kasus yang keempat ini dan kamu awam sekali didunia elektronika saran saya mendingan kamu bawa alat Nano Spray kamu ke tukang service ala-alat elektronika misal ke tukang service tv atau service hp.

Terakhir penutup, nah untuk bisa melakukan semua testing atau troubleshooting tersebut maka, Anda wajib mengetahui terlebih dahulu cara membongkar Nano Spray, dimana letak baut-bautnya sehingga akan dapat dengan mudah untuk membongkarnya.

Oke mungkin itu saja sedikit sharing singkat saya mengenai penyebab dan cara memperbaiki nano spray matot atau mati total semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dishare.

Share:

PrivacySitemapComment
© 2019 - 2022 WAWANG.ID