Subak Diperingati Google Doodle Hari Ini

Google Doodle hari ini mengambil tema merayakan warisan budaya Subak, sebuah sistem pengairan sawah kuno di Bali yang telah ditetapkan UNESCO sebagai salah satu dari warisan budaya Dunia pada Juni 2012 silam.

Selain menjadi warisan budaya milik Dunia, Subak juga diyakini menjadi filosofi kehidupan bagi masyarakat Bali. Karena Subak itu sendiri berasal dari bahasa Bali yang pertama kali muncul pada sebuah Prasasti sekitar tahun 1072 M yang bernama Prasasti Pandak Bandung.

Jika melihat ilustrasi gambar hari ini di google doodle maka, bisa kita simpulkan bahwa kata Subak itu pasti ada hubungannya dengan hal-hal yang berbau sawah maupun pertanian.

Yap, memang tepat dan betul sekali. Tapi, taukah kamu apa arti yang sebenarnya dari kata Subak itu?

Subak Google Doodle

Arti Kata Subak

Menurut opini saya yang dirangkum dari berbagai sumber, singkatnya Subak adalah suatu sistem pengairan sawah/irigasi yang ada di Bali dengan ciri khas sawah yang berundak-undak.

Selain itu juga, Subak merupakan sebuah komunitas kemasyarakatan yang didalamnya khusus mengatur hal-hal seputar pengairan sawah demi menjamin ketersediaan air dan pembagian yang merata untuk masing-masing sawah yang ada disana.

Subak Adalah Salah Satu Warisan Dunia (UNESCO)

Subak secara resmi diakui Dunia dan UNESCO untuk menjadi satu dari beberapa warisan Dunia pada tanggal 29 Juni 2012 yang ditetapkan di St. Peterburg, Rusia.

Setelah penantian selama kurang lebih 12 tahun, akhrinya tekad bangsa Indonesia memperjuangkan Subak untuk diakui sebagai salah satu situs warisan Dunia dari UNESCO tercapai juga.

Di Bali sendiri Subak yang ada memiliki luas kurang lebih sekitar 20.00 ha yang terbagi dalam 5 kabupaten (Tabanan, Gianyar, Buleleng, Bangli dan Badung)

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel