Cara Saya Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis di Adsense

Have you ever heard the term of "domain"? Pernahkah kamu mendengar istilah "domain"? Singkatnya, domain sama seperti alamat rumah kita contoh .COM .ID, contoh nama domain Rumahweb.com, Wawang.id.

Nah pertanyaannya, bagaimana memanfaatkan domain untuk bisnis anda? Saya ambil contoh publisher iklan seperti Google Adsense. Bermodalkan domain, tulisan dan sedikit optimasi anda sudah bisa menghasilkan uang dari sini lho..

Bagaimana caranya? That's the question, mau tau rahasiannya? Simak yuk pembahasannya berikut ini.

1. Gunakan Domain TLD

Kenapa harus TLD, kenapa tidak yang lain saja seperti blogspot? Boleh kok pake blogspot tapi, kalau mau terlihat profesional, untuk jangka panjang, personal branding, dan akun adsense non hosted TLD wajib banget sih.

Rekomendasi dong penyedia domain murah di Indonesia. Kunjungi aja Rumahweb.com.

memanfaatkan domain untuk bisnis adsense

2. Nama Domain

Selanjutnya tentukan nama domain, dibilang enggak penting menurutku penting sih pemilihan nama domain itu. Karena ini menyangkut alamat situs kita, usahakan yang simpel dan mudah diingat, supaya lebih gampang sewaktu ngebrandingnya nanti.

3. Pilih Blogspot/WordPress

Ketiga, pilih platform untuk domain kamu blogspot atau wordpress, saran saya untuk pemula lebih baik menggunakan blogspot. Selain milik Google kamu tidak perlu tambahan hosting lagi, aman dan anti down.

4. Niche Blog

Tentukan topik alias niche blog kamu, mau satu tema atau gado-gado terserah deh. Untuk hasil adsense yang maksimal gunakan blog satu niche misalnya tekno, kesehatan, otomotif, news dan usahakan berkaitan dengan nama domain yang kamu buat.

5. Riset dan SEO

Poin yang kelima adalah materi utamanya, jika berhasil mengimplementasikan point-point ini kemungkinan pay-out adsense tiap bulannya bukan hal yang mustahil.

1. Riset
Riset kata kunci adalah hal utama yang selalu saya lakukan sebelum menulis artikel mulai dari persaingannya, pencariannya, hingga estimasi nilai CPC untuk iklannyapun juga saya pertimbangkan.

Saya sering menggunakan Google Trends untuk mencari dan mengetahui keyword-keyword apa saja yang sedang ramai orang cari baru-baru ini selain dari pada melihat di sosial media ataupun media lainnya.

Jika berhasil menentukan kata kunci yang tepat dengan persaingan rendah dan pencarian yang tinggi dampaknya situs milikmu dapat dengan mudah terpampang di page one Google. Keuntungan lainnya blogmu akan kebanjiran visitor dari search engine berupa trafic organic, hal ini juga akan mempengaruhi nilai CTR adsensemu.

Tetapi riset saja juga tidak cukup, persaingan untuk memperebutkan page-one google semakin hari akan semakin sulit, hanya orang-orang yang mengerti tentang opimasi dan algoritma mesin pencari saja yang dapat bersaing di halaman satu Google, untuk itu perlu sedikit pengetahuan tentang ilmu SEO.

2. SEO
SEO adalah cara untuk mengoptimasi situs web/blog supaya bisa bersaing di halaman satu google. Ilmu SEO merupakan ilmu yang perlu menyesuaikan perkembangan terbaru algoritma mesin pencari. Oleh karena itu, dari waktu ke waktu trik dan cara yang dilakukan sudah semakin berubah.

Yang kebanyakan digunakan sekarang adalah teknik-teknik SEO White Hat, yaitu optimasi secara apa adanya tanpa mencurangi mesin pencari dengan berbagai teknik apapun. Nah pertanyaannya, seperti apa sih teknik SEO white hat itu? Nih beberapa contohnya:

  • Backlink (content placemant)
  • Artikel ori no COPAS, dan
  • Social Signal

Ada lagi kah teknik lain untuk optimasi artikel? Ada dong tapi itu rahasia, eits.. khusus kali ini akan saya bocorkan satu aja deh. Yaitu, penempatan keyword dan related keyword pada judul, url, dan isi artikel.

Cara ini terbilang ampuh lho apalagi untuk keyword-keyword dengan persaingan yang rendah. Teknik ini juga bisa digabung dengan teknik-teknik SEO kalian yang lain.

Gimana? Tertarik main Google Adsense? Pikir matang-matang dulu deh, karena pekerjaan ini tidak semudah seperti yang dibayangkan, begitu menguras tenaga, pikiran dan juga waktu kamu. Tapi kalau kamu yakin percaya deh, hasil tidak akan menghianati proses.

Oke mungkin itu saja sedikit pembahasan saya mengenai cara memanfaatkan domain untuk keperluan bisnis, semoga tulisan ini bermanfaat dan berguna bagi anda yang membacannya, terimakasih dan sampai jumpa.

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel