Viral Sumpah Pocong di Marga Tiga Lampung Timur

Beredar video viral dimedia sosial mengenai sumpah pocong di Kecamatan Marga Tiga, Lampung Timur akibat saling mengclaim kepemilikan lahan yang terkena imbas pembangunan bendungan Way Sekampung.

Sumpah pocong tersebut dilakukan disalah satu masjid yang terletak di desa Tanjungharapan, Kecamatan Marga Tiga, Lampung Timur pada selasa 8 Oktober 2019 kemarin.

Tak ayal aksi tersebut menyita perhatian warga desa setempat untuk ikut menyaksikan proses sumpah pocong yang dilakukan oleh kedua belah pihak yang bersengketa.

Hingga pada akhirnya sang penggugat yaitu Bpk. Jailani memutuskan untuk melakukan sumpah pocong kepada tergugat yaitu Bpk. Samsi.

Sumpah Pocong Marga Tiga, Lampung Timur, Lampung

Sebelum dilakukannya sumpah pocong oleh kedua belah pihak, dihari sebelumnya juga telah dilakukan mediasi yang melibatkan segenap perangkat desa hingga pada tingkat camat.

Namun, karena kurangnya bukti yang kuat berupa data atau surat kepemilikan lahan, menyebabkan sang penggugat yaitu Bpk. Jailani tidak bisa membuktikan apa-apa mengenai haknya sebagai pemilik lahan tersebut.

Yang pada akhirnya beliau (penggugat) mengajukkan alternatif lain untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan melakukan sumpah pocong karena ia merasa jika tanah itu memang haknya.

Hingga pada akhirnya proses sumpah pun ditempuh sebagai opsi terakhir untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan dipandu oleh seorang ustaz asal Jakarta.

Penyebab Timbulnya Permasalahan

Kenapa masalah ini baru muncul sekarang hingga terjadi claim-mengkcalim kepemilikan lahan?

Masalah tersebut muncul akibat adanya megaproyek pembangunan bendungan Way Sekampung yang ternyata lahan yang dipermasalahkan terkena imbas akibat pembangungan tersebut.

Yang mana, lahan yang terkena dampak pembangungan bendungan Way Sekampung mendapat kompensasi atau ganti rugi yang terbilang cukup besar.

Hal inilah yang memicu permasalahan tesebut muncul.

Mungkin, mendengar besarnya kompensasi yang diterima pemilik lahan terdampak proyek bendungan Way Sekampung, membuat banyak orang atau oknum-oknum tertentu memanfaatkan kesempatan tersebut untuk kepentingan pribadinya.

Sehingga, tanah yang dulunya dianggap tidak bernilai sekarang menjadi sesuatu yang sangat berharga akibat ganti rugi lahan terdampak proyek pembangunan bendungan tersebut.

Video Viral Sumpah Pocong di Marga Tiga Lampung Timur

Berikut link tayangan videonya yang bisa anda saksikan proses terjadinya sumpah pocong yang sedang viral baru-baru ini.

Sumpah Pocong Lampung Timur [Link 1]

Sumpah Pocong Lampung Timur [Link 2]

Sumpah Pocong Lampung Timur [Link 3]

Sumpah Pocong Lampung Timur [Link 4]

Nah mungkin itu saja sedikit klarifkasi mengenai berita yang sedang viral yaitu sumpah pocong akibat sengketa lahan yang berlokasi di Desa Tanjungharapan, Kecamatan Marga Tiga, Lampung Timur.

Semoga hal ini dapat menjadi pelajaran untuk kita semua.

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel