Cara Beli Domain di DomaiNesia Cepat dan Mudah

Hal yang sering ditanyakan para blogger khususnya pemula salah satunya yaitu, bagaimana sih cara membeli domain ? Apakah sulit dan rumit ? Nah mungin seperti itu ya unek-unek salah seorang blogger yang baru saja terjuan di dunia perbloggeran.

Oleh karena itu, disini saya akan memberikan sebuah tutorial yang bisa kamu gunakan dan praktekkan didalam membeli sebuah domain baru. Perlu anda ketahui, terdapat banyak nama atau perusahaan penyedia layanan atau jasa untuk pembelian domain ataupun hosting.

Nah dari sekian banyak nama atau perusahaan tersebut saya memutuskan untuk memilih DomaiNesia, disini saya akan mengulas bagaimana cara membeli domain di DomaiNesia secara lengkap dan tentunya mudah dipahami untuk anda khususnya sebagai pemula.

cara membeli domain di DomaiNesia secara lengkap dan tentunya mudah dipahami untuk anda khususnya sebagai pemula

Tapi sebelum itu, pastikan jika anda sudah membuat akun di domainesia terlebih dahulu. Jika belum, anda bisa membaca tutorial saya sebelumnya yang membahas mengenai cara pembuatan akun domainesia, untuk linknya anda bisa melihatnya berikut ini: Cara Buat Akun DomaiNesia Terbaru dan Simpel.

Nah, jika langkah diatas sudah anda lakukan kini lanjut ke topik utama pembahasan kita yaitu langkah-langkah pembelian domain baru. Namun sebelumnya, usahakan jika anda sudah mempersiapkan nama domain yang akan anda pakai serta extensi dari jenis domain nya.

Untuk nama domain pasti anda sudah pada tau kan ? Contoh: wawang.id, manakah nama domain dari kata tersebut ? Yap benar sekali, kata wawang adalah nama domainnya, sedangkan .id adalah extensi dari jenis domain nya.

Jadi sebenarnya banyak sekali ya jenis-jenis dari extensi domain itu seperti misalnya .com, .net, .me, .info, .co.id, .online, .store, .site, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan extensi domain yang paling banyak digunakan serta bisa dibilang paling tua yaitu extensi domain .com kemudian disusul yang kedua ada .net.

Oke balik lagi ke topik pembahasan, jika akun sudah dibuat, kemudian nama domain anda sudah ditentukan kini waktunya masuk ke langkah-langkah cara pembeliannya.

Oiya satu lagi, pastikan anda telah mempersiapkan nama domain cadangan apabila nantinya nama domain utama yang anda inginkan telah digunakan, atau bisa juga dengan mengganti extensi jenis domainnya pakai .net, .id, atau yang lainnya.

Langkah-Langkah Beli Domain di DomaiNesia

  1. Pertama login terlebih dahulu ke akun domainesia anda atau klik link berikut: https://my.domainesia.com/signin/
  2. Jika sudah, klik menu domains lalu pilih order now
    Langkah pertama yaitu mencari nama domain yang masih tersedia
  3. Langkah berikutnya masukkan nama domain yang ingin anda beli, namanya saja ya jangan ditambahkan extensi dibelakangnya seperti .com atau .id
  4. Jika sudah klik cari
    Langkah 2 yaitu memilih extensi domain yang tersedia
  5. Maka anda akan dibawa dan dihadapkan banyak sekali nama domain dengan extensi yang berbeda-beda, anda tinggal memilih mau membeli domain dengan extensi yang mana. Semua yang bertuliskan daftarkan domain serta berwarna hijau, itu semua bisa untuk didaftarkan, sedangkan yang tertulis tidak tersedia itu menandakan domain tidak tersedia untuk dibeli.
  6. Jika sudah diputuskan ingin beli domain yang mana maka langkah berikutnya anda tinggal klik saja daftarkan domain.
    Langkah 3 berisi daftar pesanan anda beserta harganya
  7. Maka anda akan dibawah ke halaman pemesanan, disitu anda bisa melihat secara spesifik daftar pesanan anda beserta harga yang harus dibayar.
  8. Langkah berikutnya anda tinggal klik masukkan troli, untuk bagian addons anda bisa ceklist yang gratis saja yaitu DNS Zone Manager, atau jika mau juga bisa ditambahkan yang privacy protection, tetapi biayanya akan bertambah sesuai nilai yang ditentukan yaitu sebesar 79.500. Nah satu lagi, untuk durasinya anda juga bisa memilih sesuai keinginan anda mau 1 tahun atau 2 tahun bahkan hingga 10 tahun juga bisa asalkan budget tersedia.
    Langkah ke 4 setuju dan lanjut untuk proses pembayaran
  9. Setelah itu scroll ke bawah lalu ceklist pada bagian saya telah membaca, memahami, dan menyetujui Term of Service, kemudian klik selesaikan & bayar.
  10. Maka akan muncul invoice pembayaran beserta status unpaid. Nah pada tahap ini adalah langkah terakhir yaitu bagian pembayaran, anda bisa memilih mau menggunakan metode pembayaran yang mana, via atm kah seperti mandiri, bca, atau via indomaret dan alfamart juga bisa, mau pakai paypal dan gopay juga bisa, atau punya kartu kredit juga tambah bisa. Sampai sini pasti banyak yang nanya, kok bank BRI enggak ada om ? Kalu mau menggunakan bank bri anda bisa pilih metode pembayaran melalui virtual account, jadi nanti anda akan menggunakan pembayaran melalui briva yang prosesnya menjadi lebih cepat tanpa harus konfirmasi resi pembayaran.
    Langkah 5 memilih metode pembayaran yang ingin digunakan
  11. Jika sudah memilih metode pembayarannya kemudian klik bayar sekarang. Jika menggunakan bank bri maka selanjutnya pilih bri lalu klik pay now. Maka nanti akan muncul nomor virtual account nya dan tinggal anda transfer saja ke nomor tersebut.
  12. Selesai deh.

Bagaimana ? Mudah atau rumit ? Saya pastikan deh jika anda mengikuti step demi step yang telah saya tuliskan diatas maka proses tersebut akan menjadi mudah untuk dilakukan. Oiya, Jangan kaget ya jika harga akhir berbeda dengan harga awal, ini karena sudah termasuk pajak PPN sebesar 10%, lihat gambar 1 yang ada tanda panahnya.

Nah untuk anda yang masih bingung bagaimana proses pembayaran dengan metode bank bri via briva, bisa menyimak tutorial saya berikut ini dengan judul cara bayar via briva bank bri.

Oke mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Samapi jumpa dan semoga bermanfaat.

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel